Path

Minggu, 16 Maret 2014

Bad Design Computer

    Assalamualaikum, pada tugas kali ini saya akan menjelaskan tentang Human Computer Interactions (Interaksi Manusia dan Komputer). IMK sendiri menurut saya adalah studi yang mempelajari bagaimana cara manusia berinteraksi dengan komputer guna membantu manusia menyelesaikan masalah atau task. Interaksi yang dimaksud adalah bagaimana manusia tersebut bisa menggunakan komputer secara nyaman dan aman namun komputer tersebut tetap tidak kehilangan fungsi sebagai komputer. Studi yang di pelajari di mulai dari bentuk  komputer baik secara visual maupun secara fisik. 

      Disini saya tidak akan membahas IMK secara keseluruhan, pada postingan ini saya akan membahas tentang  Bad Design Computer  atau bisa di katakan segala sesuatu tentang dunia komputer yang 'fail' dalam pem-publikasiannya atau pembuatannya. Disini saya akan menunjukkan beberapa desain dari dunia komputer yang 'fail'. Ada banyak contoh seperti di bawah ini :

  1. Bad Design pada Hardware
             Dalam kasus ini saya akan menunjukkan penempatan port untuk Mouse dan Keyboard yang membingungkan seperti gambar di bawah :

(picture of connectors)




    












 Pada gambar di atas dapat dilihat petunjuk dari tiap port masih membingungkan, mana yang mouse dan mana yg keyboard, bisa yg atas bisa juga yang bawah. Solusinya adalah dengan memindahkan masing masing sign ke samping port seperti di bawah ini :

(picture of connectors)





















     Atau dengan memberikan warna pada port sesuai dengan warna masing masing sign atau tandanya seperti di bawah ini :

(picture of connectors)






















     2. Bad Design pada Software Aplikasi

     Berikutnya adalah design yg buruk pada aplikasi browser Internet Explorer, internet explorer pada versi awal akan otomatis membuat shortcut pada head aplikasi tersebut, sehingga hampir menutupi jendela browsernya sendiri, dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


    Dapat dilihat pada gambar di atas karena banyaknya bookmark yg di tampilkan sehingga jadi sulit untuk melihat jendela utamanya, hal ini dapat di perbaiki dengan cara meletakkan semua bookmark di bagian favorite, jika ingin mengakses bookmark bisa di buka di favorite seperti gambar di bawah :

http://www.tidyfavorites.com/favorites/Images/organize_explorer_favorites.png

Tampilan akan terlihat lebih rapi :

http://signum-soft.com/wp-content/uploads/2013/11/Internet-Explorer-9.jpg 

   3. Bad Design pada Web
     
   Web yang baik adalah web yang berisi informasi yg bermanfaat, baik di bidang entertain ataupun pendidikan. Web yang baik juga harus memiliki tampilan yg menarik dan mudah di baca agar para pengunjung we merasa nyaman saat membuka web tersebut. Tetapi ada saja web yang tampiannya buruk bahkan sulit di baca, berikut adalah contoh Web yg saya maksud :

Historian of the future website

  Web diatas sebenarnya adalah website untuk penjualan buku online, tetapi bisa di lihat penampilan yang buruk  sehingga kita sendiri akan bingung website tersebut berisi apa. Solusinya adalah buatlah website dengan warna background dan tulisan pada web tersebut dengan warna kontras, misalnya background berwarna putih dan tulisan berwarna hitam, berikut adalah contoh website yg baik (www.apple.com) :



    Dapat dilihat pada web di atas terlihat jelas keterangan dan tampilannya pun terlihat menarik dan rapi. Sekian yang dapat  saya sampaikan mengenai Bad Design Computer, terimakasih.

*NB (tambahan) :



:D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar