Path

Sabtu, 11 Oktober 2014

About Design Permodelan Grafis

        Menurut saya jika berbicara mengenai Design Permodelan Grafis tidak lepas dari dunia pengolahan citra, dan dunia komputer tentunya, pertama kita harus tau apa itu Design Permodelan Grafis. Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang, Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak, sedangkan Permodelan berarti merekonstruksi suatu objek menjadi sesuatu model yang diinginkan. Jadi menurut saya Desain Permodelan Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran dan kemampuan khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang grafis serta pelaksanaan nya dilakukan pada sebuah komputer.

         Jadi dapat dikatakan Desain Permodelan Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer , dan seorang Desainer harus memiliki minimal 5 (lima) dimensi Keilmuan yaitu :

1. Wawasan Teknologi
2. Wawasan Sains
3. Wawasan Seni
4. Wawasan Sosial Dan Budaya
5. Wawacan Filsafat Dan Etika

          Dalam studi permodelan grafis kita sebenarnya mempelajari bagaimana membuat suatu gambar menggunakan algoritma pada komputer menjadi dapat berinteraksi dengan manusia seperti halnya sekarang gambar 3 dimensi. Pada ilmi Grafika komputer terjadi proses 
PENDESKRIPSIAN OBJEK > PROSES GRAFIKA KOMPUTER > CITRA/ GAMBAR 2D/ 3D

          Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut termasuk shape(bentuk), tekstur, garis, ruang, dan warna membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
           Berikut adalah beberapa aplikasi pengolahan grafis pada umumnya :

Desktop Publishing
1.    Adobe Photoshop
2.    Adobe Illustrator
3.    Adobe Indesign
4.    Coreldraw
5.    GIMP
6.    Inkscape
7.    Macromedia Freehand

Webdesign
1. Macromedia Dreamweaver
2. Microsoft Frontpage
3. Notepad

Audiovisual
1. Adobe After Effect
2. Adobe Premier
3. Final Cut
4. Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash

Rendering 3 Dimensi
1.    3D StudioMax
2.    Maya
3.    AutoCad

Kesimpulannya menurut saya Desain Permodelan Grafis adalah sebuah studi yang mempelajari cara mengolah suatu citra atau gambar berupa object  dan melakukan rekonstruksi ulang object tersebut menjadi object yang baru untuk dilakukan analisis. Demikianlah penjelasan singkat yang dapat saya jelaskan mengenai Design Pemodelan Grafis menurut pandangan saya. Terimakasih.











Referensi : 
http://www.idseducation.com/2014/03/14/pengertian-dan-arti-desain-grafis/
http://www.ahlidesain.com/pengertian-desain-grafis.html
http://www.kreatifprofesional.com/definisi-desain-grafis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar