Path

Minggu, 05 Oktober 2014

Pengantar Bisnis Informatika

        Bicara mengenai bisnis informatika tidak lepas dari yang namanya bisnis, bisnis dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

     Terlepas dari itu, pengantar bisnis informatika juga ada sangkut pautnya dengan dunia informatika. Dunia informatika itu sendiri tidak terlepas dari teknologi komputer, teknologi informasi dan juga dunia internet. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarkan informasi. Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

        Setelah dijabarkan pengertian dari bisnis dan informatika diatas dapat saya simpulkan bahwa bisnis informatika adalah ilmu yang akan menciptakan keuntungan atau nilai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan bantuan teknologi informasi. Pada jaman canggih seperti sekarang ini ada banyak sekali hal yang berhubungan dengan bisnis yang menggunakan teknologi komputer dan internet terutama pada transaksi jual beli online. 

          Beberapa peranan teknologi informasi pada dunia bisnis antara lain adalah :

1. Pada bidang perusahaan dagang telah digunakan komputer untuk menghitung pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan.

2. Pada bidang perbankan teknologi informasi digunakan untuk memasukkan data nasabah ke database serta memanipulasu data tersebut menggunakan database management system serta pada bagian lainnya.

3. Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi yang juga dipelajari oleh mahasiswa Gunadarma seperti MYOB.




Referensi :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/pengertian-bisnis-3/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar